Ikan Raksasa Air Tawar


Sudah pernah lihat ikan besar yang satu ini ? Ya ikan ini bernama Arapaima,lengkapnya Arapaima gigas. Nggak perlu jauh-jauh ke sungai Amazon tempat asalnya buat ngeliat.Di negara kita,Indonesia juga ada,kalo di Jakarta adanya di Taman Margasatwa Ragunan.Kalo di tempat asalnya,panjang ikan ini bisa mencapai 5 meter,mungkin lebih.Nggak heran kalo ikan ini dapet predikat ikan air tawar terbesar di dunia.

Kalo diperhatikan dari  mulut depan sampe ke ekor belakangnya,ikan ini terlihat seperti ikan arwana.Ternyata memang benar ikan ini masih satu keluarga dengan ikan arwana.Ikan ini termasuk ikan karnivora,ia memakan ikan-ikan lain,unggas bahkan katanya monyetpun juga menjadi makanan favoritnya,tentu saja kalo di habitat aslinya.

Meskipun memiliki tubuh yang besar dan nampak menyeramkan,penduduk disana mengatakan bahwa ikan yang satu ini bukanlah hewan buas,malahan mereka senang apabila ikan ini ada yang tertangkap.

Mereka senang karena ada beberapa bagian tubuh dari hewan ini, yang bisa dimanfaatkan.Seperti,dagingnya yang bisa dikonsumsi,sisiknya buat perhiasan,dan yang paling gak biasa adalah lidahnya yang dibuat menjadi parutan.Dibuat parutan ? ya karena lidahnya bertulang dan ada sejenis tulang yang kasar.


berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ( Peran & Fungsi Kebudayaan dalam Masyarakat )

Legenda Makhluk Kappa

Horry Si Hantu Coklat