Analisa Interface pada E BANKING bank BRI
o
Perbankan Elekronik (bahasa Inggris: E-banking)E-banking
yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan
transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website
milik bank yang dilengkapi sistem keamanan
o Internet Banking BRI
Dengan
Internet Banking BRI, nasabah dapat berinteraksi dengan BRI selama 24 jam
sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun, di manapun nasabah berada.
o
Keunggulan
- Mudah
Cukup melakukan registrasi Internet Banking BRI di ATM BRI dan registrasi mTOKEN di Customer Service Kanca/KCP BRI makaanda dapat langsung bertansaksi dengan mengakses alamat https://ib.bri.co.id - User Friendly
Design mudah dimengerti dan digunakan, sehingga anda tidak perlu membaca buku manual untuk menggunakan menu-menu dasar yang ada. - Dapat dilakukan setiap saat
Penggunaan internet banking dimaksudkan untuk memudahkan anda melakukan transaksi perbankan pada berbagai situasi dan keadaan. - Keamanan yang berlapis
- Menggunakan teknologi kriptografi seperti penggunaan enkripsi dengan menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yang akan mengacak dan menyandikan data transaksi.
- Dilengkapi dengan mTOKEN sebagai kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna Internet Banking untuk dapat melakukan transaksi financial. mTOKEN dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN.
- Tidak Memerlukan Perangkat Tambahan
Karena mTOKEN akan dikirimkan via sms ke nomor handphone anda maka tidak diperlukan perangkat tambahan yang harus anda bawa. - mTOKEN
Token yang digunakan berupa mobile Token (mTOKEN) dimana kode pengaman tambahan akan dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN. Menu permintaan mTOKEN terdapat pada website IB BRI yang diakses melalui https://ib.bri.co.id - 1 (satu) mTOKEN hanya bisa digunakan untuk 1 kali transaksi finansial. mTOKEN hanya dikirimkan ke Nomor HP anda yang telah diregistrasikan melalui Unit Kerja BRI setelah ada permintaan dari anda melalui layar Internet Banking.
- Setiap kali request mTOKEN, anda akan mendapatkan 5 (lima) nomor kombinasi yang dikirim melalui SMS dari nomor khusus.
- Ke-5 mTOKEN tersebut dapat digunakan untuk melakukan 5 kali transaksi dalam 12 Jam. Lewat dari waktu 12 Jam, ke 5 (lima) atau sebagian sisa mobile token yang telah digunakan tersebut akan expired.
o
Fasilitas
- Informasi Rekening
- Transfer Dana
- Pembayaran dan Pembelian
- Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah
- mTOKEN : Permintaan mTOKEN
o
Persyaratan
- Nasabah Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI (BRI Card) dalam status aktif.
- Memiliki handphone dengan simcard operator yang telah kerjasama dengan BRI.
- Operator GSM : Telkomsel, Indosat, XL
- Operator CDMA : Telkom Flexy, Bakrie Telecom dan Mobile-8
- Memiliki alamat email untuk menerima email notifikasi transaksi Internet Banking BRI.
o
Registrasi
- Registrasi awal di ATM BRI
Anda melakukan registrasi awal di ATM BRI untuk membuat password dengan format 6 (enam) digit numerik sesuai keinginan yang digunakan untuk proses login IB BRI. Akan tercetak User ID dalam struk ATM 10 (sepuluh) digit alfa-numerik, terdiri dari 6 (enam) digit huruf perpaduan nama nasabah dan 4 digit acak angka tanggal. - Registrasi mTOKEN (Financial) di Customer Service
Kanca/KCP BRI.
Registrasi mTOKEN dapat dilakukan di seluruh Kanca/KCP BRI dengan melengkapi dan menandatangani Formulir Permohonan Registrasi Layanan Internet Banking BRI. Setelah anda mendapatkan user ID IB BRI, anda harus segera melakukan login pertama di dalam waktu 45 hari sejak registrasi awal di ATM BRI.
o
Analisa Interface pada E BANKING bank BRI
E BANKING merupakan adanya transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya
melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.Banyak
keunggulan-keunggulan pada sistem keamanan yang digunakan pada bank BRI ini.Tidak
hanya menggunakan teknologi kriptografi tetapi
juga menggunakan mobile Token (mTOKEN) dimana kode pengaman tambahan akan
dikirim melalui SMS setelah pengguna melakukan permintaan mTOKEN.
Penggunaanya
yang mudah yaitu dengan adanya step-step yang disertai dengan
keterangan-keterangan yang sangat jelas juga merupakan kelebihan lain dari E
BANKING ini.Sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan menu-menu dasar
dalam E BANKING ini tanpa perlu buku
panduan atau semacamnya.
Tetapi
dalam sistem interface E BANKING ini tentu juga ada kekurangannya yaitu adalah
sistem ini haruslah online antara pengguna dengan sistem komputer.Hal ini tentu
tidaklah masalah untuk pengguna yang berada di kota-kota besar terutama
Jakarta,karena koneksi internet sudah lumayan bagus dan tersebar.Tapi berbeda
dengan masyarakat yang berada di daerah ataupun pelosok.Karena untuk dapat menggunakan
fasilitas ini.Jaringan internet masih belum berkembang di daerah-daerah yang
terpencil.Mungkin ada tetapi hanya di kota – kota besar dan jika ingin
menggunakannya harus ke kota dulu baru bisa menggunakan fasilitas E BANKING
ini.
Berikut ini merupakan tampilan dari
halaman awal interface dari E BANKING bank BRI :
sumber
:
https://ib.bri.co.id/
https://ib.bri.co.id/ib-bri/Login.html
Komentar
Posting Komentar