Tugas Softskill Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern
E-commerce
Definisi
Merupakan transaksi
jual beli elektronik antara penjual dan pembeli yang dilakukan melalu media
internet tanpa ada pertemua diantara keduanya. Dalam E-ccomerce hal yang paling
penting adalah koneksi internet. Semakin berkembangnya tekologi beberapa tahun
ini dalam berbagai bidang khususnya ekonomi, kehadiran E-commerce ini seakan
menjadi alternatif baru dalam bertransaksi penjualan dan pembelian yang juga
menjadi pilihan utama di dalam masyarakat maupun berbisnis. Karena dengan memanfaatkan
media ini, tentunya bisa sangat menguntungkan berbagai pihak. Baik itu
konsumen, produsen ataupun retailer ( pengecer ).
Dengan menggunakan
internet ini segala proses jual beli, pertukaran informasi menjadi semakin
mudah dan juga menghemat biaya. Dan bisa dilakukan dimanapun berada dengan
catatan tersedianya koneksi internet yang mendukung.
Contoh
E-Commerce di Indonesia :
1. Jual Beli Online di Marketplace / Pasar Elektronik
Beberapa waktu belakangan transaksi jual beli online
melalui Marketplace atau bisa juga disebut Pasar elektronik memang sedang trend
di Indonesia. Apalagi dengan adanya beberapa program seperti flash sale seperti
11/11 lalu, masyarakat seakan berlomba untuk membeli barang – barang kesukaanya
dengan harga yang lebih murah tentunya. Berikut ini merupakan beberapa contoh
dari Marketplace yang ada di Indonesia : FJB Kaskus, Lazada, eBay,
Bukalapak.com, Shopee, Traveloka dan masih banyak lainnya.
2. Internet Banking dan SMS Banking
Metode pembayaran yang biasa digunakan dalam
E-commerce adalah Ibanking, atau juga SMS Banking, merupakan transaksi
pembayaran dengan menggunakan internet yang sudah dilindungi oleh sistem
keamanan.
3. TV Kabel dan Internet Provider
Bentuk lain dari E-commerce di Indonesia adalah TV
kabel dan juga internet Provider. Internet merupakan elemen penting dalam
kegiatan E-commerce. Beberapa perusahaan yang ada di bisnis TV kabel dan
internet provider diantaranya; Indovision, Big TV, Indihome, MyRepublic, dan
Firstmedia.
Perkembangan
E-commerce di Indonesia
Nyatanya perkembangan
E-commerce yang yang semakin pesat beberapa tahun belakangan ini juga berdampak
pada meningkatnya transaksi jual beli di masyarakat saat ini. Berbelanja online
seakan sudah menjadi kegiatan yang lazim bagi masyarakat umum bahkan sudah
menjadi bagian dari kebutuhan dikarenakan memang dari masyarakat Indonesia itu
sendiri yang sangat gemar untuk berbelanja.
Dengan adanya
E-commerce ini selain menguntungkan berbagai pihak juga dinilai bisa menghemat
biaya dan juga waktu. Membantu mereka yang tidak punya waktu untuk berbelanja
di Toko offline seperti yang ada di pusat perbelanjaan.
Saat ini di Indonesia,
E-commerce merupakan bisnis yang sangat menarik untuk dijalankan. Melihat dari
kebiasaan orang Indonesia yang pada dasarnya sangat suka berbelanja, ini
merupakan kegiatan bisnis yang sangat menjanjikan. Memanfaatkan intenet sebagai
media, tentunya kegiatan berbelanja menjadi semakin mudah, dan bisa dilakukan
dimana saja dan kapan saja apalagi ditambah juga dengan lahirnya startup di
berbagai bidang.
Beberapa
contoh penerapan E-commerce :
1. Sistem
Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan
Metode Objek Oriented pada
Distro Dlapak Street Wear
Penjualan online atau e-commerce adalah
suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan toko dan konsumen melalui
transaksi elektronik dan dapat membantu pihak toko dalam pemasaran produk yang
maksimal. Maka diwujudkan sebuah aplikasi dengan melakukan penelitian yang
bertujuan membantu Distro Dlapak Street Wear dalam memperluas cakupan promosi,
membantu pelanggan yang berasal dari luar kota agar tetap dapat berbelanja dan
memaksimalkan dalam pemasaran produk.
2.
Pembanguna E-commerce (PENJUALAN ONLINE) Pada TURPEZ SHOP
Hasil dari
penelitian ini adalah sistem informasi yang menangani transaksi pemesanan,
pembayaran yang dapat dilakukan melalui transfer uang antar bank dan melalui
fasilitas Paypal, Pengiriman barang dan fasilitas retur sehingga dapat membantu
pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk yang ditawarkan oleh
Turpez Shop, mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan produk, dan
dapat membantu meningkatkan penjualan bagi perusahaan.
3.
Perancangan dan Implementasi E-commerce untuk menngkatkan penjualan produk
herbal pada toko La Roiba
Toko herbal La Roiba sebagai toko herbal biasa yg menjual
bermacam-macam herbal juga inginmemasarkan dan mengenalkan produknya lewat
internet melalui pembuatan ecommerce
atau toko online. Dengan e-commerce ini konsumen yang berada di tempat
yg jauh bisa ikut mengaksesnya dan melihat-lihat produknya melalui internet. Sehingga
penjualan menggunakan e-commerce ini tidak di batasi ruang dan waktu.
4. Implementasi E-Commerce sebagai media promosi dan penjualan secara
elektronik
(Studi Kasus
pada Toko Jumbo Cell Bangil)
Hasil penelitian ini adalah melakukan Implementasi
Sistem E-Commerce dengan menggunkan program open source bernama
Prestashop. Dengan menggunakan Prestashop sistem penjualan dapat berjalan
dengan baik dimana toko jumbo cell tidak perlu menggunakan media promosi berupa
penyebaran brosur serta spanduk yang membutuhkan biaya yang banyak. Dengan
melakukan Implementasi E-Commerce menggunakan program prestashop sistem
akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien.
5. Penerapan Sistem
Informasi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan)
Aplikasi
ecommerce yang dapat membantu para pengantin untuk mencari vendor ataupun
menentukan budget pernikahan mereka masing – masing. Hasil dari penelitian ini
berupa sebuah aplikasi website yang dapat menangani klien untuk mudah mencari
vendor dan sebuah aplikasi mobile yang dapat dijalankan di segala perangkat
smartphone.
Referensi :
1. Sistem
Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan
Metode Objek Oriented pada
Distro Dlapak Street Wear oleh Diki Susandi (Program Studi
Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya,
Sukisno (Program Studi Teknik Informatika – Universitas Islam Syekh
Yusuf)
2.
Pembanguna E-commerce (PENJUALAN ONLINE) Pada TURPEZ SHOP oleh Agung Wahana, Irvan
Purliansyah (Fakultas
Sain dan Tehnology, Universitas Islam Negeri Bandung)
3.
Perancangan dan Implementasi E-commerce untuk menngkatkan penjualan produk
herbal pada toko La Roiba oleh Muhammad
Amir Udin (Fakultas
Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang 50131)
4. Implementasi E-Commerce sebagai media promosi dan penjualan secara
elektronik
(Studi Kasus pada Toko Jumbo Cell Bangil) oleh Junay
Diaz Arcanggih, Kertahadi, Riyadi (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas
Brawijaya Malang)
5. Penerapan Sistem
Informasi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan) oleh Silvia
Sofian (Manajemen STMB Multi Smart Medan)
Komentar
Posting Komentar