Tugas Softskill Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern


E-commerce

Definisi

Merupakan transaksi jual beli elektronik antara penjual dan pembeli yang dilakukan melalu media internet tanpa ada pertemua diantara keduanya. Dalam E-ccomerce hal yang paling penting adalah koneksi internet. Semakin berkembangnya tekologi beberapa tahun ini dalam berbagai bidang khususnya ekonomi, kehadiran E-commerce ini seakan menjadi alternatif baru dalam bertransaksi penjualan dan pembelian yang juga menjadi pilihan utama di dalam masyarakat maupun berbisnis. Karena dengan memanfaatkan media ini, tentunya bisa sangat menguntungkan berbagai pihak. Baik itu konsumen, produsen ataupun retailer ( pengecer ). 

Dengan menggunakan internet ini segala proses jual beli, pertukaran informasi menjadi semakin mudah dan juga menghemat biaya. Dan bisa dilakukan dimanapun berada dengan catatan tersedianya koneksi internet yang mendukung.

Contoh E-Commerce di Indonesia :

1. Jual Beli Online di Marketplace / Pasar Elektronik

Beberapa waktu belakangan transaksi jual beli online melalui Marketplace atau bisa juga disebut Pasar elektronik memang sedang trend di Indonesia. Apalagi dengan adanya beberapa program seperti flash sale seperti 11/11 lalu, masyarakat seakan berlomba untuk membeli barang – barang kesukaanya dengan harga yang lebih murah tentunya. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari Marketplace yang ada di Indonesia : FJB Kaskus, Lazada, eBay, Bukalapak.com, Shopee, Traveloka dan masih banyak lainnya.

2. Internet Banking dan SMS Banking

Metode pembayaran yang biasa digunakan dalam E-commerce adalah Ibanking, atau juga SMS Banking, merupakan transaksi pembayaran dengan menggunakan internet yang sudah dilindungi oleh sistem keamanan.  

3. TV Kabel dan Internet Provider

Bentuk lain dari E-commerce di Indonesia adalah TV kabel dan juga internet Provider. Internet merupakan elemen penting dalam kegiatan E-commerce. Beberapa perusahaan yang ada di bisnis TV kabel dan internet provider diantaranya; Indovision, Big TV, Indihome, MyRepublic, dan Firstmedia.

Perkembangan E-commerce di  Indonesia 

Nyatanya perkembangan E-commerce yang yang semakin pesat beberapa tahun belakangan ini juga berdampak pada meningkatnya transaksi jual beli di masyarakat saat ini. Berbelanja online seakan sudah menjadi kegiatan yang lazim bagi masyarakat umum bahkan sudah menjadi bagian dari kebutuhan dikarenakan memang dari masyarakat Indonesia itu sendiri yang sangat gemar untuk berbelanja.

Dengan adanya E-commerce ini selain menguntungkan berbagai pihak juga dinilai bisa menghemat biaya dan juga waktu. Membantu mereka yang tidak punya waktu untuk berbelanja di Toko offline seperti yang ada di pusat perbelanjaan. 
  
Saat ini di Indonesia, E-commerce merupakan bisnis yang sangat menarik untuk dijalankan. Melihat dari kebiasaan orang Indonesia yang pada dasarnya sangat suka berbelanja, ini merupakan kegiatan bisnis yang sangat menjanjikan. Memanfaatkan intenet sebagai media, tentunya kegiatan berbelanja menjadi semakin mudah, dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja apalagi ditambah juga dengan lahirnya startup di berbagai bidang.

Beberapa contoh penerapan E-commerce :

1.  Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear

 Penjualan online atau e-commerce adalah suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan toko dan konsumen melalui transaksi elektronik dan dapat membantu pihak toko dalam pemasaran produk yang maksimal. Maka diwujudkan sebuah aplikasi dengan melakukan penelitian yang bertujuan membantu Distro Dlapak Street Wear dalam memperluas cakupan promosi, membantu pelanggan yang berasal dari luar kota agar tetap dapat berbelanja dan memaksimalkan dalam pemasaran produk.

2. Pembanguna E-commerce (PENJUALAN ONLINE) Pada TURPEZ SHOP

Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang menangani transaksi pemesanan, pembayaran yang dapat dilakukan melalui transfer uang antar bank dan melalui fasilitas Paypal, Pengiriman barang dan fasilitas retur sehingga dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang produk yang ditawarkan oleh Turpez Shop, mempermudah pelanggan dalam proses pemesanan produk, dan dapat membantu meningkatkan penjualan bagi perusahaan.

3. Perancangan dan Implementasi E-commerce untuk menngkatkan penjualan produk herbal pada toko La Roiba

Toko herbal La Roiba sebagai toko herbal biasa yg menjual bermacam-macam herbal juga inginmemasarkan dan mengenalkan produknya lewat internet melalui pembuatan ecommerce
atau toko online. Dengan e-commerce ini konsumen yang berada di tempat yg jauh bisa ikut mengaksesnya dan melihat-lihat produknya melalui internet. Sehingga penjualan menggunakan e-commerce ini tidak di batasi ruang dan waktu.

4. Implementasi E-Commerce sebagai media promosi dan penjualan secara elektronik
(Studi Kasus pada Toko Jumbo Cell Bangil)

 Hasil penelitian ini adalah melakukan Implementasi Sistem E-Commerce dengan menggunkan program open source bernama Prestashop. Dengan menggunakan Prestashop sistem penjualan dapat berjalan dengan baik dimana toko jumbo cell tidak perlu menggunakan media promosi berupa penyebaran brosur serta spanduk yang membutuhkan biaya yang banyak. Dengan melakukan Implementasi E-Commerce menggunakan program prestashop sistem akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

5. Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan)

Aplikasi ecommerce yang dapat membantu para pengantin untuk mencari vendor ataupun menentukan budget pernikahan mereka masing – masing. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi website yang dapat menangani klien untuk mudah mencari vendor dan sebuah aplikasi mobile yang dapat dijalankan di segala perangkat smartphone.

Referensi :

1.  Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear oleh Diki Susandi (Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Serang Raya, Sukisno (Program Studi Teknik Informatika – Universitas Islam Syekh Yusuf)

2. Pembanguna E-commerce (PENJUALAN ONLINE) Pada TURPEZ SHOP oleh Agung Wahana, Irvan Purliansyah (Fakultas Sain dan Tehnology, Universitas Islam Negeri Bandung)

3. Perancangan dan Implementasi E-commerce untuk menngkatkan penjualan produk herbal pada toko La Roiba oleh Muhammad Amir Udin (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang 50131)

4. Implementasi E-Commerce sebagai media promosi dan penjualan secara elektronik
(Studi Kasus pada Toko Jumbo Cell Bangil) oleh Junay Diaz Arcanggih, Kertahadi, Riyadi (Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

5. Penerapan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web (Studi Kasus Untuk Vendor Pernikahan) oleh Silvia Sofian (Manajemen STMB Multi Smart Medan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ( Peran & Fungsi Kebudayaan dalam Masyarakat )

Legenda Makhluk Kappa

Horry Si Hantu Coklat