Tugas 3 Softskill Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


1. Kelebihan & kekurangan penerapan AI dalam bidang Robotic

      Meringankan pekerjaan manusia,
            Dengan adanya robot semacam itu maka tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut akan mampu meringankan segala pekerjaan manusia dan memang secara tidak langsung adanya penciptaan robot semacam itu adalah untuk membantu agar pekerjaan manusia sedikit lebih ringan. Untuk itu tidak heran jika saat ini banyak pekerjaan manusia yang pada akhirnya diambil alih oleh tenaga mesin.

      Pemanfaatan teknologi,
            Penciptaan suatu robot memang selain adanya hal yang positif untuk dirasakan yakni untuk memudahkan pekerjaan manusia ada lagi manfaat atau kelebihan lainnya yakni sebagai salah satu manfaat teknologi yang jelas bisa dirasakan, sebab akan sangat disayangkan jika teknologi yang saat ini berkembang dengan baik tidak dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja.
Kekurangan penerapan AI dalam bidang Robotic

Disamping adanya kelebihan yang bisa dirasakan, jelas ada juga kekurangan yang bisa dirasakan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

      Peran manusia bisa tergeser,
            Sudah banyak pekerjaan manusia yang saat ini bisa dikerjakan menggunakan tenaga kerja berupa mesin atau robot sehingga memungkinkan akan banyak tenaga manusia yang tidak lagi dibutuhkan dan dampak yang bisa dirasakan adalah akan banyak pengangguran dimana-mana. Hal ini jelas bukan hal yang baik dan bisa menyebabkan kesenjangan ekonomi yang semakin tinggi bahkan untuk mereka yang tidak memiliki pekerjaan akan merasa minder dan tidak berguna sebab tenaga mereka tidak dibutuhkan lagi.

      Menjadikan mobilitas dari manusia berkurang,
            Karena memang tenaga manusia semakin bergeser dan saat ini lebih mengutamakan robot canggih dalam melakukan banyak hal maka tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa meminimalisir mobilitas dari apa yang biasa dilakukan banyak orang sebelumnya sehingga hal tersebut memang akan berdampak pada hal yang negative seperti banyak orang yang semakin malas dan juga akan banyak orang yang bergantung pada mesin atau robot. Bayangkan jika hal ini berlangsung semakin lama maka akan semakin berdampak tidak baik pula ke depannya. Itulah beberapa hal mengenai kelebihan dan juga kekurangan dengan adanya robot yang bisa dirasakan oleh Anda.

2. Penggunaan Sistem Cerdas di Indonesia kedepan

Faktanya, di Indonesia, AI menjadi salah satu dari lima teknologi utama untuk mendukung agenda nasional “Making Indonesia 4.0” yang menjadi kunci utama untuk bersaing di era Industri 4.0. Tidak dapat dipungkiri bahwa AI akan menghadirkan serangkaian tantangan sosial baru yang perlu dihadapi secara serius dan hati-hati, khususnya bagi semua organisasi untuk mengembangkan teknologi AI yang tidak melupakan norma dan etika untuk membangun kepercayaan para pelanggan dan stakeholder pada teknologi kecerdasan buatan (AI). 

Dapat dimengerti bahwa beberapa pengamat memandang pengembangan AI dengan kewaspadaan, kadang menggambarkan masa depan yang suram dengan banyaknya masyarakat yang akan menjadi pengangguran, akses AI tidak terdistribusi merata pada setiap penduduk dan kebebasan pribadi dan sipil yang semakin terancam oleh kebutuhan AI terhadap data yang terus-menerus. Namun, hal-hal tersebut sepatutnya tidak menutupi potensi-potensi besar yang ditawarkan AI bagi masyarakat.

3. Alat Pendeteksi Banjir dan Longsor

Pertama, menunjukkan bahwa jika hujan turun terus menerus dan mengakibatkan debit air juga terus bertambah, maka terjadilah bencana banjir. Sebelum banjir melanda rumah warga, sudah ada peringatan dini kepada warga agar dapat mengungsi dan menyelamatkan barang – barangnya dari banjir.

Tanggap terhadap isu peringatan banjir, dan hal ini merupakan yang sangat penting untuk tercapainya tujuan pelaksanaan peringatan dini banjir. Jika tujuan dari peringatan dini banjir adalah untuk mengurangi kerugian materil maupun non materil, maka diperlukan personil yang tanggap secara cepat dan tepat dalam melakukan evakuasi apabila banjir benar-benar terjadi.

Lalu setelahnya adalah Pihak yang bertanggung jawab menyebarluaskan informasi tersebut untuk dapat meminimalisasi resiko yang ditimbulkannya. Di sebar luaskan melalui sosial media, berita atau paltform lainnya, agar warga segera mengetahui peringatan dini banjir tersebut.




Sumber :
      http://produktekno.com/kelebihan-dan-kekurangan-adanya-robot-canggih/
      https://news.microsoft.com/id-id/2018/06/25/sudut-pandang-bukti-bagaimana-ai-telah-menghadirkan-perkembangan-yang-luar-biasa-di-indonesia-dan-asia/
      https://www.researchgate.net/publication/323613527_SISTEM_PERINGATAN_DINI_BANJIR_JAKARTA




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH ( Peran & Fungsi Kebudayaan dalam Masyarakat )

Legenda Makhluk Kappa

Horry Si Hantu Coklat